Makalah Fungsi Marketing untuk Peningkatan Pendapatan
MAKALAH
" Fungsi Marketing untuk Peningkatan Pendapatan "
Dibuat Untuk Memenuhi Tugas UTS
Mata Kuliah Ekonomi Manajerial
Dosen Pengampu : Dr. Supawi
Pawenang, SE, MM
FEBRI NUR CAHYA
202002P005
PROGRAM STUDI MANAJEMEN
FAKULTAS MANAJEMEN
UNIVERSITAS ISLAM BATIK (UNIBA)
SURAKARTA
TAHUN 2020
Kata Pengantar
Dengan
menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang Puji syukur kami ucapkan, karena atas berkat rahmat
dan karunia-Nya, makalah ini dapat terselesaikan dengan tepat pada waktunya.
Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas Mata Kuliah
Ekonomi Manajerial pada semester V di tahun ajaran 2020 dengan judul “Fungsi Marketing
untuk Peningkatan Pendapatan”.
Selain bertujuan untuk memenuhi tugas Mata Kuliah
Ekonomi Manajerial, makalah ini dimaksudkan agar mahasiswa dapat lebih memahami
bagaimana Fungsi
Marketing untuk Peningkatan Pendapatan.
Terlepas
dari semua itu, Saya menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari
segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan
terbuka kami menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat
memperbaiki makalah.
Akhir
kata saya berharap semoga makalah ini dapat memberikan manfaat maupun inpirasi
bagi penulis sendiri maupun pembaca.
Surakarta,
November 2020
Penulis
DAFTAR
ISI
SAMPUL................................................................................................................ 1
KATA PENGANTAR.......................................................................................... 2
DAFTAR ISI.......................................................................................................... 3
A.
PENDAHULUAN
1. Latar Belakang .............................................................................................. 5
2. Perumusan Masalah........................................................................................ 5
3. Tujuan............................................................................................................ 4
B. PEMBAHASAN
1. Pengertian Marketing..................................................................................... 5
2. Pengertian Strategi Pemasaran (marketing strategy)..................................... 6
3. Fungsi Marketing
untuk meningkatkan pendapatan...................................... 6
C. PENUTUP
Kesimpulan........................................................................................................ 9
Saran.................................................................................................................. 9
Daftar Pustaka....................................................................................................... 10
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
B. Perumusan Masalah
1. Apa
yang dimaksud dengan marketing ?
2. Apa
yang dimaksud dengan strategi pemasaran (marketing
strategi) ?
3. Bagaimana
fungsi marketing untuk meningkatkan
pendapatan ?
C. Tujuan
1. Untuk
mengetahui fungsi dan apa yang dimaksud dengan marketing.
2. Untuk
mengetahui arti dari strategi pemasaran (marketing
strategy).
3. Untuk
mengetahui bagaimana fungsi marketing
dalam meningkatkan pendapatan.
PEMBAHASAN
A.
Latar
Belakang
Dalam memulai usaha yang paling utama adalah
menentukan strategi pemasaran atau marketing
seperti penentuan produk, harga dan lokasi usaha. Itu akan menjadi pertimbangan
konsumen untuk melakukan transaksi disuatu tempat usaha. Jika produk yang
ditawarkan memiliki kualitas yang bagus serta harga yang terjangkau dan lokasi
usaha yang mudah dijumpai oleh konsumen pasti
penjualan dan penghasilan akan mengalami peningkatan. Dalam setiap
bisnis pasti ada yang dinamakan
persaingan bisnis. Dalam kondisi persaingan yang ketat, hal utama yang harus di
prioritaskan oleh perusahaan atau pemilik usaha adalah kepuasan pelanggan agar
dapat bertahan, bersaing dan menguasai pasar. Kualitas produk atau jasa yang
diberikan perusahaan dan kepuasan konsumen berhubungan erat dengan keuntungan
yang akan didapat oleh perusahaan, karena dengan kualitas produk yang memenuhi
preferensi konsumen akan mengikat konsumen sehingga perusahaan tersebut
tertanam dalam benak konsumen..
Sebuah usaha dikatakan berkembang dan mampu bertahan
jika mempunyai indikator awal yaitu penjualan yang bagus, atau dengan kata lain
penjualan yang meningkat dari waktu kewaktu. Penjualan adalah suatu usaha yang
terpadu untuk mengembangkan rencana-rencana strategis yang diarahkan pada usaha
pemuasan kebutuhan dan keinginan pembeli, guna mendapatkan penjualan yang
menghasilkan laba. Laba digunakan untuk mengembangkan usaha dan mempertahankan
usaha.
B.
Perumusan Masalah
1. Apa
yang dimaksud dengan marketing ?
Marketing
adalah serangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen,
baik dengan cara memproduksi produk kemudian memberikan harga dan mempromosikannya
kepada konsumen sehingga terjadilah penjualan.
Definisi lain
dari marketing bisa disebut sebagai
beberapa aktivitas yang saling berhubungan guna memenuhi apa yang dibutuhkan
oleh konsumen sehingga perusahaan mendapatkan keuntungan dari apa yang dibeli
oleh konsumen.
Konsep pemasaran
merupakan hal yang sederhana dan secara intuisi merupakan filosofi yang
menarik. Konsep ini menyatakan bahwa alasan keberadaan sosial ekonomi bagi
suatu organisasi adalah memuaskan kebutuhan konsumen dan keinginan tersebut
sesuai dengan sasaran perusahaan. Hal tersebut didasarkan pada pengertian bahwa
suatu penjual anti dan tergantung pada agresifnya tenaga penjual, tetapi lebih
kepada keputusan konsumen untuk membeli suatu produk. Definisi pemasaran
menurut American Marketing Association
(AMA) seperti yang dikutip oleh Rhenald Kasali (1998:53) adalah “Pemasaran
adalah suatu proses perencanaan dan eksekusi, mulai dari tahap konsepsi,
penetapan harga, promosi, hingga distribusi barang-barang, ide-ide dan jasa,
untuk melakukan pertukaran yang memuaskan individu dan lembaga- lembaganya.”
2. Apa
yang dimaksud dengan strategi pemasaran (marketing
strategy) ?
Strategi
pemasaran (marketing strategy) merupakan
suatu manajemen yang disusun untuk mempercepat pemecahan persoalan pemasaran
dan membuat keputusan-keputusan yang bersifat strategis.
Setiap fungsi
manajemen memberikan kontribusi tertentu pada saat penyusunan strategi pada
level yang berbeda. Pemasaran merupakan fungsi yang memiliki kontak paling
besar dengan lingkungan eksternal, padahal perusahaan hanya memiliki kendali
yang terbatas terhadap lingkungan eksternal. Oleh karena itu pemasaran
memainkan peranan penting dalam pengembangan strategi.
Pemasaran
memegang peranan yang penting dalam proses perencanaan strategis. Manajemen
pemasaran memberikan sumbangan fungsional paling besar dalam proses perencanaan
strategis dengan peran kepemimpinan dalam mendefinisikan misi bisnis,
menganalisa situasi lingkungan, persaingan, dan situasi bisnis. Mengembangkan
tujuan sasaran dan strategi serta mendefinisikan rencana produk, pasar
distribusi dan kualitas untuk menerapkan strategi usaha.
3. Bagaimana
fungsi marketing untuk meningkatkan
pendapatan ?
Adapun beberapa
fungsi marketing untuk meningkatkan
pedapatan dapat saya terangkan seperti berikut ini :
Menciptakan Permintaan
atau Demand
Tujuan pertama manajemen pemasaran adalah untuk menciptakan
permintaan melalui berbagai cara. membuat cara terencana untuk mengetahui
preferensi dan selera konsumen terhadap barang atau jasa yang diproduksi untuk
memenuhi kebutuhan pelanggan.
Kepuasan Pelanggan
Manajer pemasaran harus mempelajari permintaan pelanggan sebelum
menawarkan barang atau jasa apa pun kepada mereka. Yang perlu dipelajari
adalah bahwa menjual barang atau jasa
tidak sepenting kepuasan pelanggan yang didapatkan. Pemasaran modern
berorientasi pada pelanggan. Dimulai dan diakhiri dengan pelanggan.
Pangsa Pasar atau Market Share
Setiap bisnis bertujuan untuk meningkatkan pangsa pasarnya, yaitu
rasio penjualannya terhadap total penjualan dalam perekonomian. Misalnya, Pepsi dan Coca cola saling bersaing untuk meningkatkan pangsa pasar mereka.
Untuk ini, mereka telah mengadopsi iklan inovatif, pengemasan inovatif,
kegiatan promosi penjualan, dll.
Peningkatan Keuntungan
Departemen pemasaran adalah satu-satunya departemen yang
menghasilkan pendapatan untuk bisnis. Keuntungan yang cukup harus diperoleh
sebagai hasil dari penjualan produk yang ingin memuaskan. Jika perusahaan tidak
menghasilkan laba,maka tidakk akan mampu bertahan. Selain itu, laba juga
diperlukan untuk pertumbuhan dan diversifikasi perusahaan.
Pencitraan Produk yang
Baik di Mata Publik
Untuk membangun citra produk yang baik di mata publik adalah
tujuan manajemen pemasaran lainnya. Jika departemen pemasaran menyediakan produk-produk
berkualitas kepada pelanggan dengan harga yang wajar, tentunya akan menciptakan
citra yang baik pada pelanggan.
Menciptakan Pelanggan
Baru
Bisnis didirikan untuk menjual produk atau layanan kepada
pelanggan. Oleh karena itu, pelanggan adalah dasar dari sebuah bisnis.
Pelangganlah yang memberikan pendapatan kepada bisnis dan menentukan apa yang
akan dijual perusahaan.
Menciptakan pelanggan baru berarti mengeksplorasi dan
mengidentifikasi kebutuhan pelanggan secara lebih luas. Jika suatu perusahaan
ingin berkembang dan bertahan dalam bisnis, menciptakan pelanggan baru adalah
hal yang sangat krusial, Anda harus menganalisis dan memahami keinginan mereka.
Memuaskan Pelanggan
Menciptakan pelanggan baru tidak cukup. Bisnis harus mengembangkan
dan mendistribusikan produk dan layanan yang memenuhi ekspektasi pelanggan
untuk memberikan kepuasan mereka. Jika pelanggan tidak puas, bisnis tidak akan
dapat menghasilkan pendapatan untuk memenuhi biaya dan untuk mendapatkan
pengembalian modal yang wajar.
Pelanggan yang puas bukan berarti hanya membeli produk karena
sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Mereka juga akan melakukan rekomendasi pada
orang-orang terdekat mereka, ini berarti produk Anda akan lebih dikenal banyak
orang.
PENUTUP
A. Kesimpulan
Pemasaran
/ marketing sangat berperan penting untuk
meningkatkan volume penjualan dan keuntungan perusahaan. Untuk meningkatkan itu
ditemukan beberapa faktor dalam pembahasan yang telah kita bahas yaitu aspek Menciptakan
Permintaan atau Demand, Kepuasan Pelanggan, Pangsa Pasar atau Market Share, Peningkatan Keuntungan,
Pencitraan Produk yang Baik di Mata Publik, Menciptakan Pelanggan Baru,
Memuaskan Pelanggan. Jika disatukan dan berjalan dengan baik maka perusahaan
telah berhasil melaksanakan pemasaran dengan baik.
B. Saran
Untuk mengoptimalkan pemasaran dengan baik maka ada
beberapa hal yang harus dipertimbangkan untuk meningkatkan pemasaran :
1. Promosi
yang diperluas tetapi dengan diimbangin kualitas produk baik yang dipromosikan.
2. Strategi
yang diperbanyak sehingga mampu menjerat konsumen lebih banyak lagi.
3. Inovasi
yang terus berlangsung sehingga konsumen memiliki pandangan plus terhadap
barang yang diproduki.
4. Hubungan
peruasahaan dengan konsumen yang harus dijaga agar tercipta loyalitas.
Daftar
Pustaka
http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/1077/1/SKRIPSI%20YUSNAENI%20OK.pdf
Download Soft File Makalah ini : Di Sini
0 Response to "Makalah Fungsi Marketing untuk Peningkatan Pendapatan "
Posting Komentar