Makalah Fungsi Marketing untuk Peningkatan Pendapatan

 

MAKALAH

" Fungsi Marketing untuk Peningkatan Pendapatan "

Dibuat Untuk Memenuhi Tugas UTS

Mata Kuliah Ekonomi Manajerial

Dosen Pengampu : Dr. Supawi Pawenang, SE, MM






                                                                 DISUSUN OLEH :

 

        FEBRI NUR CAHYA                            

        202002P005

 

 

 

 

 

PROGRAM STUDI MANAJEMEN

FAKULTAS MANAJEMEN

UNIVERSITAS ISLAM BATIK (UNIBA) SURAKARTA

TAHUN 2020




Kata Pengantar

 

Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang Puji syukur kami ucapkan, karena atas berkat rahmat dan karunia-Nya, makalah ini dapat terselesaikan dengan tepat pada waktunya. Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Ekonomi Manajerial pada semester V di tahun ajaran 2020 dengan judul “Fungsi Marketing untuk Peningkatan Pendapatan”.

 

Selain bertujuan untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Ekonomi Manajerial, makalah ini dimaksudkan agar mahasiswa dapat lebih memahami bagaimana Fungsi Marketing untuk Peningkatan Pendapatan.

 

Terlepas dari semua itu, Saya menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka kami menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki makalah.

 

Akhir kata saya berharap semoga makalah ini dapat memberikan manfaat maupun inpirasi bagi penulis sendiri maupun pembaca.

 

 

Surakarta, November 2020

 

 

Penulis    

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

 

 

SAMPUL................................................................................................................ 1

KATA PENGANTAR.......................................................................................... 2

DAFTAR ISI.......................................................................................................... 3

A.    PENDAHULUAN

1. Latar Belakang .............................................................................................. 5

2. Perumusan Masalah........................................................................................ 5

3. Tujuan............................................................................................................ 4

      B. PEMBAHASAN

  1. Pengertian Marketing..................................................................................... 5

  2. Pengertian Strategi Pemasaran (marketing strategy)..................................... 6

  3. Fungsi Marketing untuk meningkatkan pendapatan...................................... 6

      C. PENUTUP

Kesimpulan........................................................................................................ 9

Saran.................................................................................................................. 9

 

Daftar Pustaka....................................................................................................... 10

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PENDAHULUAN

 

 

A.    Latar Belakang

 

B.     Perumusan Masalah

1.      Apa yang dimaksud dengan marketing ?

2.      Apa yang dimaksud dengan strategi pemasaran (marketing strategi) ?

3.      Bagaimana fungsi marketing untuk meningkatkan pendapatan ?

 

C.    Tujuan

1.      Untuk mengetahui fungsi dan apa yang dimaksud dengan marketing.

2.      Untuk mengetahui arti dari strategi pemasaran (marketing strategy).

3.      Untuk mengetahui bagaimana fungsi marketing dalam meningkatkan pendapatan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PEMBAHASAN

 

A.    Latar Belakang

Dalam memulai usaha yang paling utama adalah menentukan strategi pemasaran atau marketing seperti penentuan produk, harga dan lokasi usaha. Itu akan menjadi pertimbangan konsumen untuk melakukan transaksi disuatu tempat usaha. Jika produk yang ditawarkan memiliki kualitas yang bagus serta harga yang terjangkau dan lokasi usaha yang mudah dijumpai oleh konsumen pasti  penjualan dan penghasilan akan mengalami peningkatan. Dalam setiap bisnis  pasti ada yang dinamakan persaingan bisnis. Dalam kondisi persaingan yang ketat, hal utama yang harus di prioritaskan oleh perusahaan atau pemilik usaha adalah kepuasan pelanggan agar dapat bertahan, bersaing dan menguasai pasar. Kualitas produk atau jasa yang diberikan perusahaan dan kepuasan konsumen berhubungan erat dengan keuntungan yang akan didapat oleh perusahaan, karena dengan kualitas produk yang memenuhi preferensi konsumen akan mengikat konsumen sehingga perusahaan tersebut tertanam dalam benak konsumen..

Sebuah usaha dikatakan berkembang dan mampu bertahan jika mempunyai indikator awal yaitu penjualan yang bagus, atau dengan kata lain penjualan yang meningkat dari waktu kewaktu. Penjualan adalah suatu usaha yang terpadu untuk mengembangkan rencana-rencana strategis yang diarahkan pada usaha pemuasan kebutuhan dan keinginan pembeli, guna mendapatkan penjualan yang menghasilkan laba. Laba digunakan untuk mengembangkan usaha dan mempertahankan usaha.

 

B.     Perumusan Masalah

1.      Apa yang dimaksud dengan marketing ?

Marketing adalah serangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen, baik dengan cara memproduksi produk kemudian memberikan harga dan mempromosikannya kepada konsumen sehingga terjadilah penjualan.

Definisi lain dari marketing bisa disebut sebagai beberapa aktivitas yang saling berhubungan guna memenuhi apa yang dibutuhkan oleh konsumen sehingga perusahaan mendapatkan keuntungan dari apa yang dibeli oleh konsumen.

Konsep pemasaran merupakan hal yang sederhana dan secara intuisi merupakan filosofi yang menarik. Konsep ini menyatakan bahwa alasan keberadaan sosial ekonomi bagi suatu organisasi adalah memuaskan kebutuhan konsumen dan keinginan tersebut sesuai dengan sasaran perusahaan. Hal tersebut didasarkan pada pengertian bahwa suatu penjual anti dan tergantung pada agresifnya tenaga penjual, tetapi lebih kepada keputusan konsumen untuk membeli suatu produk. Definisi pemasaran menurut American Marketing Association (AMA) seperti yang dikutip oleh Rhenald Kasali (1998:53) adalah “Pemasaran adalah suatu proses perencanaan dan eksekusi, mulai dari tahap konsepsi, penetapan harga, promosi, hingga distribusi barang-barang, ide-ide dan jasa, untuk melakukan pertukaran yang memuaskan individu dan lembaga- lembaganya.”

 

2.    Apa yang dimaksud dengan strategi pemasaran (marketing strategy) ?

Strategi pemasaran (marketing strategy) merupakan suatu manajemen yang disusun untuk mempercepat pemecahan persoalan pemasaran dan membuat keputusan-keputusan yang bersifat strategis.

Setiap fungsi manajemen memberikan kontribusi tertentu pada saat penyusunan strategi pada level yang berbeda. Pemasaran merupakan fungsi yang memiliki kontak paling besar dengan lingkungan eksternal, padahal perusahaan hanya memiliki kendali yang terbatas terhadap lingkungan eksternal. Oleh karena itu pemasaran memainkan peranan penting dalam pengembangan strategi.

Pemasaran memegang peranan yang penting dalam proses perencanaan strategis. Manajemen pemasaran memberikan sumbangan fungsional paling besar dalam proses perencanaan strategis dengan peran kepemimpinan dalam mendefinisikan misi bisnis, menganalisa situasi lingkungan, persaingan, dan situasi bisnis. Mengembangkan tujuan sasaran dan strategi serta mendefinisikan rencana produk, pasar distribusi dan kualitas untuk menerapkan strategi usaha.

 

3.      Bagaimana fungsi marketing untuk meningkatkan pendapatan ?

Adapun beberapa fungsi marketing untuk meningkatkan pedapatan dapat saya terangkan seperti berikut ini :

Menciptakan Permintaan atau Demand

Tujuan pertama manajemen pemasaran adalah untuk menciptakan permintaan melalui berbagai cara. membuat cara terencana untuk mengetahui preferensi dan selera konsumen terhadap barang atau jasa yang diproduksi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

 

Kepuasan Pelanggan

Manajer pemasaran harus mempelajari permintaan pelanggan sebelum menawarkan barang atau jasa apa pun kepada mereka. Yang perlu dipelajari adalah  bahwa menjual barang atau jasa tidak sepenting kepuasan pelanggan yang didapatkan. Pemasaran modern berorientasi pada pelanggan. Dimulai dan diakhiri dengan pelanggan.

 

Pangsa Pasar atau Market Share

Setiap bisnis bertujuan untuk meningkatkan pangsa pasarnya, yaitu rasio penjualannya terhadap total penjualan dalam perekonomian. Misalnya, Pepsi dan Coca cola saling bersaing untuk meningkatkan pangsa pasar mereka. Untuk ini, mereka telah mengadopsi iklan inovatif, pengemasan inovatif, kegiatan promosi penjualan, dll.

 

Peningkatan Keuntungan

Departemen pemasaran adalah satu-satunya departemen yang menghasilkan pendapatan untuk bisnis. Keuntungan yang cukup harus diperoleh sebagai hasil dari penjualan produk yang ingin memuaskan. Jika perusahaan tidak menghasilkan laba,maka tidakk akan mampu bertahan. Selain itu, laba juga diperlukan untuk pertumbuhan dan diversifikasi perusahaan.

 

Pencitraan Produk yang Baik di Mata Publik

Untuk membangun citra produk yang baik di mata publik adalah tujuan manajemen pemasaran lainnya. Jika departemen pemasaran menyediakan produk-produk berkualitas kepada pelanggan dengan harga yang wajar, tentunya akan menciptakan citra yang baik pada pelanggan.

 

Menciptakan Pelanggan Baru

Bisnis didirikan untuk menjual produk atau layanan kepada pelanggan. Oleh karena itu, pelanggan adalah dasar dari sebuah bisnis. Pelangganlah yang memberikan pendapatan kepada bisnis dan menentukan apa yang akan dijual perusahaan.

Menciptakan pelanggan baru berarti mengeksplorasi dan mengidentifikasi kebutuhan pelanggan secara lebih luas. Jika suatu perusahaan ingin berkembang dan bertahan dalam bisnis, menciptakan pelanggan baru adalah hal yang sangat krusial, Anda harus menganalisis dan memahami keinginan mereka.

 

Memuaskan Pelanggan

Menciptakan pelanggan baru tidak cukup. Bisnis harus mengembangkan dan mendistribusikan produk dan layanan yang memenuhi ekspektasi pelanggan untuk memberikan kepuasan mereka. Jika pelanggan tidak puas, bisnis tidak akan dapat menghasilkan pendapatan untuk memenuhi biaya dan untuk mendapatkan pengembalian modal yang wajar.

Pelanggan yang puas bukan berarti hanya membeli produk karena sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Mereka juga akan melakukan rekomendasi pada orang-orang terdekat mereka, ini berarti produk Anda akan lebih dikenal banyak orang.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PENUTUP

A.    Kesimpulan

       Pemasaran / marketing sangat berperan penting untuk meningkatkan volume penjualan dan keuntungan perusahaan. Untuk meningkatkan itu ditemukan beberapa faktor dalam pembahasan yang telah kita bahas yaitu aspek Menciptakan Permintaan atau Demand, Kepuasan Pelanggan, Pangsa Pasar atau Market Share, Peningkatan Keuntungan, Pencitraan Produk yang Baik di Mata Publik, Menciptakan Pelanggan Baru, Memuaskan Pelanggan. Jika disatukan dan berjalan dengan baik maka perusahaan telah berhasil melaksanakan pemasaran dengan baik.

B.     Saran

Untuk mengoptimalkan pemasaran dengan baik maka ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan untuk meningkatkan pemasaran :

1. Promosi yang diperluas tetapi dengan diimbangin kualitas produk baik yang dipromosikan.

2. Strategi yang diperbanyak sehingga mampu menjerat konsumen lebih banyak lagi.

3. Inovasi yang terus berlangsung sehingga konsumen memiliki pandangan plus terhadap barang yang diproduki.

4.  Hubungan peruasahaan dengan konsumen yang harus dijaga agar tercipta loyalitas.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Daftar Pustaka

 

 

https://www.jurnal.id/id/blog/2018-fungsi-penting-dari-marketing-dalam-perusahaan-yang-jarang-anda-ketahui/

https://cpssoft.com/blog/manajemen/pengertian-manajemen-pemasaran-fungsi-konsep-dan-karakteristiknya/  

http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/1077/1/SKRIPSI%20YUSNAENI%20OK.pdf

 


KRS




Kartu UTS



Download Soft File Makalah ini : Di Sini

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Makalah Fungsi Marketing untuk Peningkatan Pendapatan "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel